Hasil Keputusan Komisi Bahtsul Masail pada Muscab Alim Ulama
PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA PAMEKASAN
PP. Miftahul Ulum Kebun Baru Palengaan Pamekasan
12 Rajab 1430 H/5 Juli 2009
Perkawinan yang tidak dicatatkan oleh pegawai pencatat nikah sesuai pasal 2 ayat (2) UU No.l/1974 jo pasal 10 ayat( 3) PP No. 9/1975 sangat munkin diwarnai oleh: (a) Usia pasangan kawin ialah seorang berada di bawah standar umur kawin (19 Pa/16 Pi); (b) Suami telah memiliki istri dalam status perkawinan bila ingin poligami; (c) Tidak melibatkan wali nikah yang sebenarnya (kawin lari/kawin sirri); (d) Berbeda agama yang dianut; (e) Masih terikat hukum keistrian;( f) Masih terikat masa iddah;( g) Alasan lain yang seharusnya dicegah untuk melangsungkan perkawinan (vide: pasal 20 UU No.1/1974). Khusus terkait perkawinan di bawah umur atau poligami tanpa didukung ijin istri di hadapan pengadilan, memiliki dasar pembenaran menurut syari’at dalam arti sah menurut hukum agama Islam. Tetapi cara kawin di bawah tangan dilaksanakan pihak yang dirugikan bisa menuntut pembatalan nikah, mereka yang memprakarsai dianggap melanggar hukum dengan ancaman pidana kurungan, denda dan hukuman jabatan. Lebih dari itu, orang tua bisa dituduh melakukan kekerasan pada anak atau tindak kekerasan dalam rumah tangga. Pendukung hukum positif berpegang pada syarat "tautsiq" yang diimplikasikan oleh penegasan QS .al-Nisa': 21 : واخذن منكم ميثاقا غليظا
Pertanyaan:
a. Wajarkah perbuatan melangsungkan nikah di bawah umur, atau poligami tanpa izin istri yang ada, yang menurut pandangan syari'at Islam tidak tergolong perbuatan munkar, dapat menjadi dasar hukum untuk membatalkan perkawinan?
Jawaban
Pernikahan di bawah tidak dapat dijadikan dasar pembatalan nikah sebab di dalam islam tidak dikenal batas minimal usia nikah, hanya saja ketika mempelai wanita tersebut masih kanak-kanak, maka suami wajib menunda berhubungan badan sampai kiranya si istri manpu berhubungan badan.
Dasar Pengambilan Hukum:
1. شرح النووى على مسلم، جـ5، صـ 128
باب جواز تزويج الأب البكر الصغيرة، فيه حديث عائشة رضي الله تعالى عنها قالت: (تزوجني رسول الله صلى الله عليه وسلم لست سنين وبني بي وأنا بنت تسع سنين) وفى رواية : (تزوجها وهي بنت سبع سنين) هذا صريح فى جواز تزويج الأب الصغيرة بغير إذنها لأنه لا إذن لها، والجد كالأب عندنا، وقد سبق فى الباب الماضى بسط الاختلاط فى استراط الولى، واجمع المسلمون على جواز تزويجه بنته البكر الصغيرة لهذا الحديث، واذا بلغت فلا خيار لها فى فسخه عند مالك والشافعى وسائر فقهاء الحجاز، وقال أهل العراق: لها الخيار إذا بلغت، أما غير الأب والجد من الأولياء فلا يجوز أن يزوجها عند الشافعى والثورى ومالك وابن ابى ليلى وأحمد وأبي ثور وابي عبيد والجمهور قالوا : فإن زوجها لم يصح.
2. عون المعبود شرح سنن أبى داود، جـ6، صـ 158
باب فى تزويج الصغار. (قال سليمان او ست): يعنى قال سليمان فى روايته وأنا بنت أو ست بالشك. واعلم أنه وقع فى رواية لمسلم تزوجني وأنا بنت سبع وفى أكثر رواياته بنت ست. قال النووي: فالجمع بينهما أنه كان لها ست وكسر، ففى رواية اقتصرت على السنين، وفى رواية عدت السنة التي دخلت فيها والله أعلم انتهى. والحديث يدل على أنه يجوز للأب أن يزوج بنته الصغيرة لهذا الحديث وإذا بلغت فلا خيار لها فى فسخه عند مالك والشافعى وسائر فقهاء الحجاز. وقال أهل العراق: لها الخيار إذا بلغت، وأما غير الأب والجد فلا يجوز أن يزوجها عند الشافعى والثورى ومالك وابن ابى ليلى وأحمد وأبي ثور وابي عبيد والجمهور. قالوا: فإن زوجها لم يصح. وقال الأوزاعى وأبو حنيفة واخرون من السلف: يجوز لجميع الأولياء ويصح، ولها الخيار إذا بلغت إلا ابا يوسف فقال: لا خيار لها انتهى. قال المنذري: وأخرجه البخارى ومسلم والنسائى وابن ماجه.
3. عمدة القارى، جـ 20، صـ 77
وقال ابن بطال: أجمع العلماء أنه يجوز للأباء تزويج الصغار من بناتهم وإن كن فى المهد، إلا أنه لا يجوز لأزواجهن البناء بهن إلا إذا صلحن للوطء واحتملن الرجال، واحوالهن فى ذلك مختلف فى قدر خلقهن وطاقتهن.
b. Etiskah orang tua dan pihak lain yang mendukung pelaksanaan nikah sesuai norma syariat –karena diduga melanggar UU/PP- dikenakan sanksi pidana?
Jawaban
Orang tua tidak dapat dikenai sanksi, karena perbuatan mereka tidak tergolong pelanggaran hukum syariat
Dasar Pengambilan Hukum mengekor ke sub a
c. Merujuk pasal 2 ayat (1) UU No.l/1974 terbentuk koridor hukum' tidak ada perkawinan di luar hukum masing-masing agama", seharusnya perkawinan di bawah umur dan poligami tanpa izin istri yang ada karena dibenarkan oleh hukum Islam harus ditolelir pelaksanaannya. Apakah penbatalan nikah pada kasus tersebut punya nilai legitimate menurut hukum Islam?
Jawaban
Poligami tanpa seizin istri, pelakunya tidak sewajarnya mendapatkan sanksi hukum dengan catatan dia dapat berlaku adil kepada semua istrinya.
Dasar Pengambilan Hukum:
1. النساء: 3
فانكحوا ما طاب لكم من النساء مثنى وثلاث وربع، فإن خفتم أن تعدلوا فواحدة أو ما ملكت أيمانكم، ذلك أدنى أن لا تعولوا
2. النساء: 34
الرجال قوامون على النساء بما فضل الله بعضهم على بعض وبما أنفقوا من أمولهم، فالصلحات قنتت حفظت للغيب بما حفظ الله، والتى تخافون نشوزهن فعظوهن واهجروهن فى المضاجع واضربوهن فإن أطعنكم فلا تبغوا عليهن سبيلا، ان الله كان عليا كبيرا
3. الإقناع، جـ2، صـ 228
(ويجوز للحر أن يجمع) فى نكاح (بين أربع حرائر) فقط لقوله تعالى: (فانكحوا ما طاب لكم من النساء مثنى وثلاث ورباع) لقوله لغيلان وقد أسلم وتحته عشر نسوة: (امسك أربعا وفارق سائرهن) وإذا امتنع فى الدوام ففى الإبتداء أولى.
4. بغية المسترشدين، صـ 215
فائدة: قال (ق ل) : الحقوق الواجبة للزوج على زوجته أربعة : طاعته، ومعاشرته بالمعروف، وتسليمها نفسها اليه، وملازمة المسكن، والواجبة لها عليه أربعة ايضا: معشرتها بالمعروف، ومؤنها، والمهر، والقسم اهـ
Keputusan ini merujuk kepada keputusan Bahtsul Masail Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur di Sumenep Bulan Juli 2009
Pimpinan Sidang
Bahrullah Shadiq
Notulen Sidang
Akhmad Fauzi, S.HI
Labels:
Bahtsul Masail
Thanks for reading Pernikahan Di Bawah Tangan. Please share...!
0 Comment for "Pernikahan Di Bawah Tangan"