Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung /tidak langsung
|
1.1 Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
1.2 Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/melalui rekaman
|
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita
|
2.1 Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat
2.2 Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku)
2.3 Menceritakan berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat
|
Membaca
3. Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca
|
3.1 Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit)
3.2 Mengidentifikasi ide teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif
|
4.1 Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
4.2 Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif
4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif
| |
5.1 Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
5.2 Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
| |
Berbicara
6. Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi
|
6.1 Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi
6.2 Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi
|
Membaca
7. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen
|
7.1 Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
|
Menulis
8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi
|
8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
|
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami informasi melalui tuturan
|
9.1 Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
9.2 Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)
|
Berbicara
10. Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber
|
10.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik
10.2 Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik
|
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai
|
11.1 Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
11.2 Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai
|
12.1 Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
12.2 Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif
12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
12.4 Menyusun teks pidato
| |
13.1 Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
13.2 Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman
| |
Berbicara
14. Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
|
14.1 Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi
14.2 Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi
|
Membaca
15. Memahami sastra Melayu klasik
|
15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik
15.2 Menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik
|
Menulis
16. Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen
|
16.1 Menulis karangan berdasarkan kehidupan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
16.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)
|
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan wawancara
|
1.1 Menemukan pokok-pokok isi sambutan/ khotbah yang didengar
1.2 Merangkum isi pembicaraan dalam wawancara
|
Berbicara
2. Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan wawancara
|
2.1 Menjelaskan secara lisan uraian topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)
2.2 Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu
|
Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca intensif dan membaca nyaring
|
3.1 Menemukan perbedaan paragraf induktif dan deduktif melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Membacakan berita dengan intonasi, lafal, dan sikap membaca yang baik
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk proposal, surat dagang, karangan ilmiah
|
4.1 Menulis proposal untuk berbagai keperluan
4.2 Menulis surat dagang dan surat kuasa
4.3 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki
|
Mendengarkan
5. Memahami pementasan drama
|
5.1 Mengidentifikasi peristiwa, pelaku dan perwatakannya, dialog, dan konflik pada pementasan drama
5.2 Menganalisis pementasan drama berdasarkan teknik pementasan
|
Berbicara
6. Memerankan tokoh dalam pementasan drama
|
6.1 Menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh
6.2 Mengekpresikan perilaku dan dialog tokoh protogonis dan atau antagonis
|
Membaca
7. Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan
|
7.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat
7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan
|
Menulis
8. Mengungkapkan infomasi melalui penulisan resensi
|
8.1 Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi
8.2 Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi
|
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami pendapat dan informasi dari berbagai sumber dalam diskusi atau seminar
|
9.1 Merangkum isi pembicaraan dalam suatu diskusi atau seminar
9.2 Mengomentari pendapat seseorang dalam suatu diskusi atau seminar
|
Berbicara
10. Menyampaikan laporan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
|
10.1 Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
10.2 Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian
|
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif
|
11.1 Mengungkapkan pokok-pokok isi teks dengan membaca cepat 300 kata per menit
11.2 Membedakan fakta dan opini pada editorial
dengan membaca intensif
|
Menulis
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah
|
12.1 Menulis rangkuman/ringkasan isi buku
12.2 Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya
12.3 Menulis karya ilmiah seperti hasil pengamatan, dan penelitian
|
Mendengarkan
13. Memahami pembacaan cerpen
|
13.1 Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan
13.2 Menemukan nilai-nilai dalam cerpen yang dibacakan
|
Berbicara
14. Mengungkapkan wacana sastra dalam bentuk pementasan drama
|
14.1 Mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama
14.2 Menggunakan gerak-gerik, mimik, dan intonasi, sesuai dengan watak tokoh dalam pementasan drama
|
Membaca
15. Memahami buku biografi, novel, dan hikayat
16. Menulis naskah drama
|
15.1 Mengungkapkan hal-hal yang menarik dan dapat diteladani dari tokoh
15.2 Membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan hikayat
16.1 Mendeskripsikan perilaku manusia melalui dialog naskah drama
16.2 Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama
|
Kelas XII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami informasi dari berbagai laporan
|
1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
1.2 Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran
|
Berbicara
2. Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
|
2.1 Menyampaikan gagasan dan tanggapan dengan alasan yang logis dalam diskusi
2.2 Menyampaikan intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi
|
Membaca
3. Memahami artikel dan teks pidato
|
3.1 Menemukan ide pokok dan permasalahan dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif
3.2 Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat
|
Menulis
4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk surat dinas, laporan, resensi
|
4.1 Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur
4.2 Menulis surat dinas berdasarkan isi, bahasa, dan format yang baku
4.3 Menulis laporan diskusi dengan melampirkan notulen dan daftar hadir
4.4 Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku
|
Mendengarkan
5. Memahami pembacaan novel
|
5.1 Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
5.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pendapat tentang pembacaan puisi
|
6.1 Menanggapi pembacaan puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
6.2 Mengomentari pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat
|
Membaca
7. Memahami wacana sastra puisi dan cerpen
|
7.1 Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal, intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai
7.2 Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen
|
Menulis
8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
|
8.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi
8.2 Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku, peristiwa, latar)
|
Kelas XII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9. Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan
|
9.1 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan secara langsung
9.2 Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi
|
Berbicara
10. Mengungkapkan informasi melalui presentasi program/proposal dan pidato tanpa teks
|
10.1 Mempresentasikan program kegiatan/proposal
10.2 Berpidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
|
Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif
|
11.1 Menemukan ide pokok suatu teks dengan membaca cepat 300-350 kata per menit
11.2 Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi, deduksi dengan membaca intensif
|
Menulis
12 Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
|
12.1 Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif
12.2 Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
|
Mendengarkan
13 Memahami pembacaan teks drama
|
13.1 Menemukan unsur-unsur intrinsik teks drama yang dididengar melalui pembacaan
13.2 Menyimpulkan isi drama melalui pembacaan teks drama
|
Berbicara
14 Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
|
14.1 Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
14.2 Menjelaskan keterkaitan gurindam dengan kehidupan sehari-hari
|
Membaca
15 Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode
|
15.1 Mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi komtemporer
15.2 Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode
|
Menulis
16 Mengungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai
|
16.1 Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai
16.2 Menerapkan prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai untuk mengomentari karya sastra
|
Labels:
SK dan KD SMA/MA
Thanks for reading SK dan KD Bahasa Indonesia. Please share...!
1 Comment for "SK dan KD Bahasa Indonesia"
assalamualaikum bapa, saya minta izin untuk mengcopy sebagian dari tulisan bapa iniyah, untuk tugas makalah saya, maklum saya masih pertama2 kuliah baru masuk jadi masih kurang mengeti , terimakasih ini bermanfaat untuk saya. :)