Daftar Isi Blog

Selasa, 03 Agustus 2010

SK dan KD al-Qur'an Hadits

Al-Qur'an-Hadis

a. Kelas X, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.   Memahami pengertian al-Qur'an dan bukti keotentikannya

1.1   Menjelaskan pengertian al-Qur'an menurut para ahli
1.2   Membuktikan keotentikan al-Qur'an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya.
1.3   Menunjukkan prilaku orang yang meyakini kebenaran al-Qur'an

2.   Memahami isi pokok ajaran al-Qur'an
2.1      Mengidentifikasi isi pokok ajaran al-Qur'an
2.2      Menunjukkan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur'an
2.3      Menjelaskan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur'an
2.4      Menerapkan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur'an

3.   Memahami fungsi al-Qur'an dalam kehidupan
3.1      Mendeskripsikan fungsi al-Qur'an
3.2      Menunjukkan  perilaku orang yang menfungsikan al-Qur'an
3.3      Menerapkan fungsi al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari

4.   Memahami cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur'an
4.1      Menunjukkan kitab-kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur'an
4.2      Menerapkan cara-cara mencari surat dan ayat dalam al-Qur'an

5.   Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi
5.1       Mengartikan QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-Nahl:78; QS al-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56
5.2      Menjelaskan kandungan QS al-Mu’minuun:12-14; QS al-Nahl:78; QSal-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56
5.3      Menerapkan perilaku sebagai hamba Allah dan khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS al-Mu’minuun:12-14; QS an-Nahl:78; QSal-Baqarah:30 dan QS adz-Dzaariyat: 56

6.   Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang demokrasi
6.1      Mengartikan QS Ali Imraan 159 dan QS asy-Syuura: 38.
6.2      Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan  159 dan QS asy-Syuura : 38.
6.3      Menerapkan  perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS Ali Imraan  159 dan QS Asy-Syuura: 38. dalam kehidupan sehari-hari




b. Kelas X, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.       Memahami istilah-istilah hadis
1.1   Mendefinisikan pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi.
1.2   Membandingkan pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi.
1.3    Menerapkan pengertian hadis, sunnah (sunnah qauliyah, sunnah fi’liyah dan sunnah taqririyah), khabar, atsar dan hadis qudsi.

2         Memahami sanad dan matan hadis
2.1    Menjelaskan pengertian sanad dan matan.
2.2    Menerapkan pengertian sanad dan matan dalam hadis.

3         Mendeskripsikan fungsi hadis terhadap al-Qur'an
3.1   Menjelaskan fungsi hadis terhadap al-Qur'an
3.2   Menunjukkan contoh fungsi hadis terhadap al-Qur'an.
3.3   Menerapkan fungsi hadis terhadap al-Qur'an.

4           Memahami pembagian hadis dari segi kuantitas dan kualitasnya.
4.1   Menjelaskan pembagian hadis dari segi kuantitasnya.
4.1      4.2 Menjelaskan pembagian hadis dari segi kualitasnya
5           Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang keikhlasan dalam beribadah
5.1   Mengartikan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah

5.2   Menjelaskan kandungan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah

5.3   Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS al-An’aam: 162-163; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah

5.4   Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti yang terkandung dalam QS  al-An’aam: 162-163 ; QS al-Bayyinah: 5 dan hadis tentang keikhlasan dalam beribadah


            c. Kelas XI, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.       Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
1.1.    Mengartikan QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17 dan hadis tentang syukur
1.2.    Menjelaskan kandungan QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17 dan hadis tentang syukur
1.3.    Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan  QS az-Zuhruf:9-13, QS al-’Ankabuut:17 dan hadis tentang syukur
1.4.    Mengidentifikasikan macam-  macam  nikmat  Allah sebagaimana terkandung dalam QS az-Zuhruf: 9-13
1.5.    Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti terkandung dalam QS al-’Ankabuut: 17, dan hadis tentang syukur nikmat
2.       Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
2.1     Mengartikan QS ar-Ruum: 41-42, QS al-A’raaf: 56-58;QS Shad:27;  QS al-Furqaan: 45-50 dan  QS al-Baqarah: 204-206.
2.2     Menjelaskan kandungan QS ar-Ruum: 41-42, QSal-A’raaf: 56-58;QS Shad:27; QS al-Furqaan: 45-50 dan QS al-Baqarah: 204-206.
2.3     Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS ar-Ruum: 41-42, QS al-A’raaf: 56-58;QS Shad:27.; QS al-Furqaan: 45-50 dan  QS al-Baqarah: 204-206.
2.4     Menerapkan perilaku menjaga  kelestarian lingkungan hidup sebagaimana terkandung dalam QS ar-Ruum: 41-42, QS al-A’raaf: 56-58 dan QS Shad:27, QS al-Furqaan: 45-50 dan  QS al-Baqarah: 204-206.














d. Kelas XI, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.          Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan al-Hadis tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa
1.1   Mengartikan QS al-Qashash: 79-82;  QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa
1.2   Menjelaskan kandungan QS al-Qashash: 79-82;  QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa
1.3   Mengidentifikasi perilaku orang – orang yang mengamalkan QS al-Qashash: 79-82;  QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa
1.4   Menerapkan prilaku hidup sederhana dan menyantuni kaum dhuafa QS al-Qashash: 79-82;  QS al-Israa’: 26-27, 29-30, QS al-Baqarah : 177 dan hadis tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhuafa
2.       Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang berkompetisi dalam kebaikan.
2.1   Mengartikan  QS al-Baqarah :148; QS al-Faathir : 32 dan  QS an-Nahl : 97
2.2     Menjelaskan  kandungan QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97
2.3     Menceritakan perilaku orang yang mengamalkan QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97
2.4     Mengidentifikasi hikmah perilaku berkompetisi dalam kebaikan.
2.5     Menerapakan  prilaku berkompetisi dalam kebaikan. seperti terkandung dalam QS al-Baqarah :148 ; QS al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97
3.       Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar
3.1   Mengartikan QS Ali Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.
3.2   Menjelaskan kandungan QS Ali Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.
3.3   Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS Ali Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar.
3.4   Melaksanakan amar ma'ruf nahi munkar seperti terkandung dalam QS Ali Imraan : 104 dan hadis tentang amar ma'ruf nahi munkar dalam kehidupan sehari-hari.
4.       Memahami ayat al-Qur'an dan Hadis tentang ujian dan cobaan
4.1   Mengartikan QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang ujian dan cobaan.
4.2   Menjelaskan kandungan QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang ujian dan cobaan.
4.3   Menunjukkan perilaku orang yang tabah dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan sebagaimana terkandung dalam  QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang ujian dan cobaan.
4.4   Menerapkan perilaku tabah dan sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan seperti yang terkandung dalam QS al-Baqarah: 155 dan hadis tentang ujian dan cobaan.


           
Kelas XII, Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.   Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan al-hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.1     Mengartikan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.2     Menjelaskan kandungan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.3     Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96, dan Hadis tentang kewajiban berdakwah.
1.4     Menerapkan strategi berdakwah seperti yang terkandung dalam QS an-Nahl: 125; QS asy-Syu’araa: 214-216, al-Hijr: 94-96; dan Hadis tentang berdakwah dalam kehidupan sehari-hari.
2.   Memahami  ayat-ayat al-Qur'an dan al-hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat
2.1     Mengartikan QS  at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132; QS al-An’aam: 70; QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.2     Menjelaskan kandungan QS  at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132; QS al-An’aam: 70;QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.3     Mengidentifikasi  perilaku orang yang mengamalkan QS  at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132;QS al-An’aam: 70;QS an-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat.
2.4     Menerapkan tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat seperti yang terkandung dalam QS  at-Tahriim: 6, QS Thaha: 132;QS al-An’aam: 70;QSan-Nisaa’ :36 dan QS Huud:117-119 dan hadis tentang tanggung jawab manusia dalam kehidupan sehari-hari
3.   Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang berlaku adil dan jujur
3.1     Mengartikan  QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur.
3.2     Menjelaskan kandungan QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur.
3.3     Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur
3.4     Menerapkan perilaku adil dan jujur dalam perkataan dan perbuatan seperti terkandung dalam QS al-Maa’idah: 8-10; QS an-Nahl:90-92; QS an-Nisaa’: 105 dan hadis tentang berlaku adil dan jujur






e. Kelas XII, Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
1.       Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan
1.2   Mengartikan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41; QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan.
1.2   Menjelaskan  kandungan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan.
1.3 Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan.
1.3   Menerapkan perilaku bertoleransi dan beretika dalam pergaulan seperti yang terkandung dalam QS al-Kaafiruun: 1-6; QS Yuunus: 40-41;QS al-Kahfi: 29; QS al-Hujuraat: 10-13 dan hadis tentang etika pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.

2.       Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang etos kerja














2.1   Mengartikan QS al-Mujaadalah: 11;  QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja
2.2   Menjelaskan kandungan QS al-Mujaadalah: 11;  QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja
2.3   Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS al-Mujaadalah: 11;  QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja
2.4   Menerapkan perilaku beretos kerja seperti yang terkandung dalam QS al-Mujaadalah: 11;  QS al-Jumuu’ah 9-11; QS al-Qashash :77 dan hadis etos kerja.


3.   Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang makanan yang halal dan baik

3.1   Menerjemahkan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.2   Menjelaskan kandungan  QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.3   Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.4  Mengidentifikasi makanan yang halal  dan baik seperti terkandung dalam QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik.
3.5   Menerapkan kandungan QS al-Baqarah:168-169 : QS al-Baqarah 172-173 dan hadis tentang makanan yang halal dan baik dalam kehidupan sehari-hari.

4. Memahami  ayat-ayat al-Qur'an tentang ilmu pengetahuan dan teknologi
4.1   Menerjemahkan QS al-‘Alaq: 1-5, QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.
4.2   Menjelaskan   kandungan QS al-‘Alaq: 1-5; QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.
4.3   Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS al-‘Alaq: 1-5, QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.
4.4   Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti terkandung dalam QS al-‘Alaq: 1-5, QS Yuunus: 101; QS al-Baqarah: 164.


Artikel Yang Berhubungan



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar